NEWS
DETAILS
Sabtu, 16 Sep 2023 09:47 - Honda Community Jawa Tengah

HondaCommunityJateng.com - Sebanyak 4 bikers CBR250RR diajak Honda Community Jawa Tengah terbang ke Lombok untuk mengikuti event bertajuk CBR Track Day Mandalika 2023 pada tanggal 2-3 September lalu.

4 bikers tersebut ialah saya sendiri (Bukhori Muslim) dari Pekalongan yang merupakan blogger otomotif, kemudian ada Heru Surya Suhartanto dari Honda ADV Indonesia (HAI) Semarang, Utuh Tri Wiguna dari Komunitas CBR Indonesia (KCI) Semarang dan Muhammad Rijal Fauzie dari CBR250RR Owner Semarang.

Kami diajak mengexplore wisata yang ada di Lombok dan tentunya menjajal sirkuit kebangaan Indonesia, Pertamina Mandalika International Circuit yang ada di KEK Mandalika, Lombok, NTB.

Explore Lombok

Sudah menjadi aktivitas wajib di acara Track Day Mandalika, yang mana sebelum acara inti tersebut kami diajak touring menjelajahi wisata yang ada di Lombok (2/9/2023).

Destinasi wisatanya ialah ke Pantai Elak-Elak dan Tugu Persaudaraan Bikers yang ada di Bukit Mekaki, daerah Sekotong, Lombok Barat.

Pantai Elak-Elak menawarkan pasir putih yang khas dan air yang jernih, cocok sekali untuk bermain di sana atau sekedar menikmati keindahannya.

Kemudian di Tugu Persaudaraan Bikers, kita disuguhkan oleh keindahan Bukit Mekaki dengan alamnya yang masih hijau. Masih di lokasi yang sama, kita juga bisa melihat birunya lautan, tanda ekosistemnya masih terjaga dengan baik.

Dinner Bareng Pembalap AHRT

Usai touring, kami diajak dinner bareng pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yang berlaga di Asia Road Racing Championshio (ARRC) kelas AP250 yakni Rheza Danica Ahrenz dan Veda Ega Pratama.

Sembari menikmati makan malam kami mendengarkan open speech dari Pak Bayu Satya Wijaya selaku Community Development AHM dan Pak Jeffry Mei Gamastra Runawang selaku Kepala Wilayah Astra Motor NTB.

Tak lupa Mas Wawan Hermawan sebagai pelatih dari WH19 Racing School juga memberikan open speech seputar balap. Di sesi tersebut Mas Wawan membuka sesi tanya jawab pada peserta CBR Track Day.

CBR Track Day Mandalika

Nah inilah puncak acaranya, di hari Minggu 3 September menjadi hari bersejarah bagi kami berempat karena dapat menjajal Sirkuit Mandalika dengan kuda besi andalan kami, Honda CBR250RR.

Tapi sebelum gaspol di Sirkuit Mandalika kami mendengarkan pemaparan dari manajemen MGPA terkait dengan aturan main di sana. Setelah itu baru deh aktivitas track day bisa berjalan.

Kami memang membawa motor masing-masing ke Mandalika, tapi tidak langsung dipakai. kami lebih dulu diberi kesempatan untuk menjajal unit riding test dari AHM yang paling terbaru.

Panitia membaginya dalam 8 grup, 7 grup diantaranya terdapat 7 peserta dan sisa satu grup terdapat 5 peserta. Kami diberi kesempatan menjajal CBR250RR unit riding test tersebut sebanyak 3 lap.

Dari 8 grup tersebut, terpilih 10 peserta dengan top speed terbaik, mereka diberi kesempatan masuk trek lagi sebanyak 3 lap. Ini bagus sekali, sebab 10 peserta tersebut bisa dikatakan sudah hafal racing line sehingga mampu mencatatakan top speed tinggi, maka tujuan disatukan yang sudah pro tersebut akan didapat persaingan yang sengit, tapi bukan kemudian kompetisi ya, buat seru serua aja sih hehe.

Nah, setelahnya  baru kami diberi kesempatan menjajal unit pribadi. Panitia membagi dalam 6 grup yang mana setiap grupnya terdapat 10 peserta. Untuk setiap grupnya masing-masing diberi kesempatan 3 lap.

Bikers Parade

 

Kenang kepergian Haruki Noguchi, bikers CBR lakukan parade dan kirim do'a di T10 Sirkuit Mandalika.

Haruki Noguchi, pembalap dari SDG MS Harp-Pro Honda Ph mengalami crash di T10 Mandalika pada ARRC kelas ASB1000 13 Agustus lalu,beliau kemudian dinyatakan meninggal dunia pada 17 Agustus setelah dirawat di RSUP NTB.

Kemarin (3/9/2023),usai digelarnya event CBR Mandalika Track Day 2023, bikers CBR bersama sama turun ke sirkuit Mandalika untuk menuju T10 Mandalika, di sana para riders CBR mendoakan arwah Haruki Noguchi yang telah pergi.

Setelah berhenti di T10 dan berdoa, bikers CBR lakukan parade atau victory lap sebanyak satu kali.

Semoga Noguchi mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Aamiin.

Testimoni Peserta Track Day

Muslim

''Beruntung sekali menjadi biker CBR250RR yang terpilih diajak ke Mandalika untuk menjajal sirkuit yang juga dipakai ajang MotoGP.  Di sirkuit Mandalika, saya dapat merasakan sensasi balap ala pembalap sungguhan, tentunya sebuah impian bagi semua biker, akhirnya terwujud pada diri saya. Pada sirkuit yang menawarkan pemandangan indah tersebut, saya dapat merasakan konsep Total Control yang menjadi tagline pada produk CBR250RR, handling mantap, power merata di setiap bukaan gas dan tentu kareana kemarin juga jajal unit riding test dari AHM dengan tipe New CBR250RR SP QS, maka dapat merasakan kinerja Quick Shifter up and down yang memang terbukti membantu saat cornering''.

Heru

"Saya masih gak nyangka berasa mimpi bisa mencoba Sirkuit Mandalika yang dibuat ajang MotoGP dimana dipakai oleh pembalap-pembalap dunia yaitu Marc Marquez dan kawan-kawan.

 Saya senang dipilih dengan @honda.community mendapat golden tiket dalam event CBR Track Day 2023 dan saya berterimakasih juga kepada @hondacommunity.jawatengah dan @rendipradipta yang sudah memberikan saya kesempatan untuk terbang ke lombok untuk mencicipi Sirkuit Mandalika. Seemoga tahun depan bisa berkesempatan mencoba lagi"

Utuh

Suatu kesengan tersendiri diundang dari pihak Honda,untuk mencoba Sirkuit Mandalika,dan suatu kebanggan bisa mengikuti acara CBR Track Day 2023. Terima kasih yang sebesar besarnya untuk mas Rendi Pradipta (PIC Honda Community Jawa Tengah) dan semua jajaran yang menyelengarakan acara CBR Track Day 2023.

 Sangat senang sekali,keren abiz acaranya...semoga Honda makin maju,makin jaya untuk kedepanya..

Izal

"saya merasa senang dan bahagia karena terpilih oleh @honda.community mendapatkan golden ticket mengikuti event CBR Track Day 2023 dan mencoba Sirkuit Internasional Mandalika, dimana sirkuit tersebut digunakan ajang balap MotoGP oleh pembalap-pembalap dunia ternama yaitu seperti Marc Marquez dan lainnya.

 Saya sangat berterima kasih juga kepada @rendipradipta dan @hondacommunity.jawatengah yang dimana sudah memberikan saya kesempatan untuk terbang ke Lombok untuk mengikuti acara yang di selenggarakan oleh Honda yaitu CBR Track Day dimana susunan acara yang sangat asik dan seru seperti touring keliling Lombok dan track day balap di Sirkuit Mandalika .

 Saya sangat bahagia mengikuti event yang diselenggarakan oleh Honda ini dan saya berharap di acara track day berikut nya saya berkesempatan untuk mengikutinya lagi."

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK