NEWS
DETAILS
Senin, 28 Aug 2023 08:31 - Honda Community Jawa Tengah

Semarang26 Agustus 2023 – Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Jawa Tengah Direktorat Lalu Lintas mengadakan agenda tahunan yaitu Binteknis Bidang PJR Tahun Anggaran 2023 bertempat di Hotel Metro Park View Semarang. Peserta kegiatan ini adalah para KASAT LANTAS, KANIT PJR DAN KANIT TURJAWALI wilayah tugas Jawa Tengah. 

Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah menjadi salah satu pembicara dari eksternal linkungan Kepolisian yang dilibatkan untuk membagikan ilmu – ilmu yang dimiliki serta pengalaman tentang teknik dan tips keselamatan berkendara agar meningkatkan keselamatan anggota dalam melaksanakan tugas dan meneruskan pengetahuan yang telah didapatkan untuk lingkungan sekitarnya maupun edukasi. Penyampaian materi pengetahuan dasar berkendara hingga prediksi bahaya dan diskusi kelompok. 

Pengetahuan dasar yang diberikan tentunya meliputi sebelum berkendara, saat berkendara, berkendara dimalam hari, dilanjutkan dengan pengetahuan tentang ruang lingkup mata, adaptasi terang menuju gelap dan sebaliknya hingga prediksi bahaya. 

Sesi Materi Danger Prediction (Prediksi Bahaya) menjadi materi penutup sekaligus materi yang paling seru. Keseruan ini melibatkan peserta untuk memahami hingga berdiskusi menemukan tindakan – tindakan pencegahan agar terhindar dari kecelakaan. Oke Desiyanto, Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah memberikan tips mengenai bagaimana memulai mendiskripsikan situasi yang dihadapi. “Mengamati situasi didepan saat berkendara bisa dimulai dari atas melihat langit ke bawah melihat kondisi aspal. Kondisi langit tidak mudah berubah dalam waktu dekat, sehingga prioritas fokus mata bisa ke hal lain dibawah langit yang mudah berubah”. 

Peserta dibagi menjadi 3 kelompok besar dan mendapat tugas untuk mencari jawaban dari gambar – gambar soal yang disajikan. Kelompok Pertama bertugas mendiskripsikan dengan kata – kata tentang situasi sesuai gambar, kemudian dari jawaban kelompok 1 maka kelompok 2 harus berusaha dengan imajinasinya memprediksikan bahaya – bahaya yang mungkin terjadi dan harus memilih bahaya yang paling berbahaya diantaranya. Kelompok terakhir bertugas memberikan jawaban bagaimana tindakan pencegahan agar potensi kecelakaan tidak terjadi hingga mempelajari metode agar memiliki ketepatan prediksi bahaya. 

“Apa yang disampaikan dari Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah ini sangat cocok untuk mendampingi kita dalam kegiatan memberikan edukasi kepada masyarakat umum karena materinya sangat berhubungan dengan teknis keselamatan berkendara dan tindakan pencegahan dari kecelakaan”, tutup AKP Beti Nugroho, SH, MH KASAT LANTAS POLRES SUKOHARJO sebagai salah satu peserta Binteknis Bidang PJR Tahun Anggaran 2023.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK