NEWS
DETAILS
Selasa, 22 Aug 2023 10:01 - Honda Community Jawa Tengah

Semarang22 Agustus 2023 – Belum lama ini telah diperkenalkan Sepeda Motor Listrik EM1 e: The Choice of Life yang menawarkan kualitas dan pilihan terpercaya dari brand besar Honda oleh PT Astra Honda Motor. Sensasi yang diberikan oleh sepeda motor listrik ini adalah berkendara mulus dan menyenangkan. Prioritas Keselamatan selalu menjadi keutamaan, selain teknologi Mobile Power Pack e dan battery Safety Lock, motor ini dapat diandalkan di segala medan dibantu dengan 2 mode berkendara, serta didukung oleh Honda Care khusus pengguna sepeda motor listrik. 

Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana para bikers mempersiapkan kebiasaan pengguna motor bahan bakar menyesuaikan kehadiran motor listrik, tentunya tidak hanya menghilangkan budaya antri di pom bensin umum, tapi ada beberapa hal yang perlu kita ketahui agar berkendara aman yaitu: 

  1. Saat mengendarai motor listrik dijalan raya, suara motor listrik jauh lebih halus atau hampir tidak bersuara dibanding motor bahan bakar sehingga sebaiknya pengendara motor listrik memastikan pengendara lain menyadari keberadaan kita dan selalu menjaga jarak dengan pengguna jalan lain. Daya atau tenaga yang dihasilkan motor listrik memiliki karateristik yang berbeda dengan motor bakar sehingga pengendara motor listrik harus memahami karakteristik ini terutama saat mendahului dan melewati tanjakan serta turunan. Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum masih terbatas, pengguna selalu perhatikan indikator baterai pada speedometer ketika berkendara dan memperhitungkan jarak tempuh dengan lokasi Pengisian Kendaraan Listrik terdekat. Motor Listrik dilengkapi fitur tambahan yang berbeda dengan motor bakar, penting untuk pengguna mempelajari dan memahami buku pedoman pemilik kendaraan. 
  2. Sebagai pengguna jalan harus selalu fokus, konsentrasi, dan waspada, terlebih adanya kendaraan listrik yang tidak bersuara dan tenaga tidak sebesar motor bahan bakar. Bentuk yang unik cenderung menarik perhatian dan mengalihkan perhatian pengguna jalan. Kemudahan mengenali motor listrik dengan melihat warna plat nomer kendaraan yang terdapat ornamen warna biru.  
  3. Teknik khusus dalam mengendarai motor listrik adalah penting untuk memahami fitur tambahan yang berbeda dengan mempelajari buku pedoman pemilik kendaraan. Sesuaikan ketersediaan battery dengan jarak yang akan ditempuh, saat motor listrik dalam posisi menyala tidak ada suara atau getaran, untuk itu perhatikan indicator ON sebelum membuka gas, hal ini untuk menghindari motor lepas kendali saat menarik putaran gas. Saat akan mendahului, pastikan ruang yang tersedia dan  kecepatan yang cukup untuk didahului oleh motor listrik. Akselerasi kecepatan EV lebih lamban dibanding motor bakar sehingga membutuhkan waktu untuk menambah kecepatan. Saat akan melewati jalan tanjakan diperlukan momentum yang cukup. Untuk mendapatkan momentum yang cukup dapat dilakukan dengan cara menambah kecepatan sebelum masuk jalan tanjakan.
     

“Perlengkapan khusus pengguna motor listrik sama seperti berkendara dengan motor bahan bakar yang menggunakan helm, jaket, sarung tangan, bercelana panjang, dan bersepatu. Kami sudah menyiapkan tips dan teknik berkendara khusus untuk pembeli Honda EM1 e: agar pengguna lebih nyaman dan aman”, ujar Oke Desiyanto, Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK