NEWS
DETAILS
Kamis, 27 Apr 2023 09:43 - Honda Community Jawa Tengah

Semarang, 25 April 2023 – Bersama dengan SMKN 1 Bancak yang tergabung dalam Forum Keselamatan Sekolah (FKS), Safety Riding Team Main Dealer Astra Motor Jateng mengadakan kegiatan “NGABRES” (Ngabuburit Bersama FKS Grisaba) dengan konsep talkshow mengambil topic peran Generasi Z #Cari_Aman Berkendara saat Perjalanan Panjang.  

 

Talkshow yang dipandu oleh pelajar Teknik Bisnis Sepeda Motor ini memaparkan unsur keselamatan berkendara yang masih awam atau belum terlalu dipahami oleh Gen Z, pasalnya berkendara bukan hanya menitikberatkan pada skill berkendara saja, tetapi juga pengetahuan akan tata aturan lalu lintas dan bagaimana emosi dapat dikendalikan ditengah kemacetan lalu lintas yang padat. 

 

Bila biasanya para pelajar hanya menerima pelatihan basic skill berkendara dan pengalaman berkendara saat pergi pulang ke sekolah, pada kenyataannya setiap bikers harus dapat mengantisipasi lingkungan yang dilewatinya juga seperti kemungkinan akan jalan rusak, cuaca panas, gerah atau sebaliknya hujan yang membuat tubuh basah kuyub, kemacetan, emosi diri, rasa bosan, dan kantuk. Resiko kecelakaan berkendara dapat terjadi saat bikers tidak dapat mengendalikan dirinya menghadapi setiap situasi yang menghadang. 

 

“Dalam perjalanan panjang, para bikers harus mempersiapkan segalanya dengan baik agar perjalanan dapat terasa menyenangkan, seperti melakukan pengecekan motor dan memastikan kondisi fisik sehat. Tipsnya lakukan istirahat sebentar setelah menempuh perjalanan 2 jam dan nikmati perjalanan tanpa terburu – buru,” kata Suko Edi selaku Instuktur Safety Riding Astra Motor Jateng yang menjadi narasumber kegiatan ini. 

 

Salah satu pertanyaan menarik yang diajukan oleh pelajar menjadi perbincangan hangat pada talkshow ini, pasalnya kerapkali para pelajar melihat bikers berkendara membawa bayi/balita ataupun manula sehingga terkesan berbahaya bila melakukan perjalanan panjang menggunakan motor. 

 

Sebenarnya perjalanan panjang atau menempuh waktu yang lama tidak disarankan membawa balita atau bahkan bayi karena tentu kondisi fisik dan daya tahan tubuhnya masih belum sekuat usia anak – anak, begitu juga membawa manula yang kondisi fisik dan imun mungkin sudah mengalami penurunan. Seperti yang kita tau, cuaca ekstrem, asap knalpot, dan banyak hal lain dapat terjadi selama berkendara panjang sehingga akan jauh lebih aman bila membawa bayi, balita, ataupun manula menggunakan transportasi umum seperti naik bus, kereta api, dan lainnya. 

 

Dibutuhkan kesadaran diri dari Gen Z ini untuk mengubah mindset “ingin cepat sampai” menjadi “menikmati berkendara” saat melakukan perjalanan panjang. Keaktifan Gen Z dalam memviralkan peduli keselamatan berlalu lintas dengan menggunakan sepeda motor standard yang aman digunakan dan memakai perlengkapan berkendara yang lengkap tentu dapat menciptakan generasi #Cari_Aman yang jadi panutan bagi bikers lain.  

 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK