NEWS
DETAILS
Selasa, 28 Jun 2022 13:13 - Honda Community Jawa Tengah

Motor matic merupakan motor idaman hampir semua orang saat ini karena penggunaannya yang mudah serta tidak terlalu sulit dalam hal perawatan motornya. Hal yang paling mencolok pada motor matic bila dibanding dengan motor sport dan motor bebek  adalah bagian penggerak rodanya. 

 

Motor sport dan motor bebek untuk penggerak roda menggunakan rantai, sedangkan motor matic menggunakan CVT. CVT singkatan dari Continuously Variable Transmission yaitu sebuah system transmisi pada sepeda motor yang bekerja secara otomatis tanpa perpindahan gigi. Berikut beberapa tips dan trik untuk memastikan CVT tetap aman dan bekerja secara optimal: 

 

Pertama, Drive Belt berfungsi sebagai sabuk penghubung untuk meneruskan tenaga mesin menuju roda belakang. Drive belt perlu diganti jika: 

  • Mulai terdengar bunyi berdecit saat dikendarai 
  • Akselerasi sepeda motor menurun 
  • Secara visual tampak tanda keausan (terdapat goresan/retak) 

 

Kedua, Weight Roller merupakan komponen yang berfungsi memberikan tekanan pada drive pulley agar dapat bergerak. Weight Roller perlu diganti jika: 

  • Terdengar bunyi/suara berisik di CVT bagian depan 
  • Secara visual tampak tanda keausan (berubah bentuk) 

 

Ketiga, Weight Clutch (kampas kopling) atau sering juga di sebut kopling ganda. Komponen ini perlu diganti jika: 

  • Tarikan awal motor bergetar atau kurang tenaga 
  • Akselerasi sepeda motor menurun 
  • Secara visual tampak tanda keausan (kampas tipis) 

 

Bila ketiga poin diatas ini diperhatikan oleh bikers, maka CVT akan dapat bekerja secara optimal. Hery Suryo selaku Technical Service Manager Astra Motor Jateng menyarankan agar bikers tidak melupakan pentingnya pemeriksaan rutin CVT setiap 8.000km/8 bulan atau sesuai jadwal perawatan berkala di AHASS kesayangan karena AHASS siap memberikan service pasti dari yang ahli. 

 

“Kenali tanda – tanda awal untuk penggantian CVT agar aktivitas berkendara tetap terasa aman dan nyaman. AHASS Jateng siap melayani dengan memberikan service terbaik dan memastikan parts yang diberikan asli untuk seluruh konsumen sepeda motor Honda,” ucap Hery. 

 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK