NEWS
DETAILS
Selasa, 02 Nov 2021 11:25 - Honda Community Jawa Tengah

Semarang – Sejak bulan Juni hingga Oktober 2021, Astra Motor Jateng telah mengadakan kompetisi virtual safety riding yang melibatkan lebih dari 200 siswa dari 30 SMK yang tersebar di Jawa Tengah mulai dari karesidenan Solo, Pati, Semarang, dan Pekalongan dengan konsep menciptakan inovasi edukasi safety riding di tengah PPKM yang masih berlangsung. 

 

Berdasarkan keadaan ini, setiap siswa siswi SMK ditantang untuk menciptakan sebuah terobosan baru dalam mengedukasi safety riding secara online yang nantinya video itu untuk bahan pengajaran untuk teman – temannya mengenai pentingnya keselamatan berkendara. 

 

Menurut Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Suko Edi mengatakan bahwa keaktifan yang dilakukan untuk memunculkan generasi #Cari_Aman ini digerakkan dengan tujuan mengingatkan selalu kepada seluruh siswa siswi dan masyarakat akan pentingnya kepedulian keselamatan berkendara, dengan harapan dapat menekan angka kecelakaan ataupun pelanggaran lalu lintas, terutama di Jateng. 

 

Kompetisi virtual safety riding merupakan salah satu cara untuk mengajarkan masyarakat luas dengan memunculkan berbagai inovasi video edukasi safety riding yang disebarkan melalui media online seperti Instagram, Facebook, maupun kanal Youtube. 

 

Melalui pengumpulkan ide kreatif dan melewati berbagai tantangan untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, siswa – siswa berhasil menuangkan karyanya menjadi video edukatif yang menarik dan bermanfaat.  

 

Perjuangan panjang ini tentunya membuahkan hasil, dalam penjurian selama 2 minggu dibulan Oktober ini, dari 34 peserta sekolah yang mengikuti, telah terpilih masing - masing juara 1, 2 dan 3 pada tiap karesidenannya yaitu  

  • Kares Solo: Juara 1 SMK Ganesha Tama Boyolali, Juara 2 SMK Tunas Bangsa Tawangsari dan Juara 3 SMK PGRI Sukoharjo 
  • Kares Semarang: Juara 1 SMK Negeri 1 Bancak, Juara 2 SMK Negeri 1 Jambu, Juara 3 SMK Bina Nusantara Semarang 
  • Kares Pati: Juara 1 SMK Muhammadiyah Kudus, Juara 2 SMK Negeri 1 Bangsri, Juara 3 SMK Bina Utama Pati 
  • Kares Pekalongan: Juara 1 SMK Muhammadiyah Bligo, Juara 2 SMK Islam Randudongkal, Juara 3 SMK Negeri 1 Bulakamba 
 
“Koordinasi disaat pembatasan sekolah tatap muka menjadi tantangan tersendiri untuk kami, belum lagi anak - anak sudah hampir 2 tahun tidak terasah skill kompetisinya sehingga perlu pelatihan dan pengasahan keterampilan lagi, syukur Alhamdulillah semua terbayarkan, kami jadi Juara 1 Kompetisi ini di tingkat karesidenan Solo,“ ujar Agus, Pembina Safety Riding SMK Ganesha Tama Boyolali.  
 
Setelah kompetisi berakhir, beberapa siswa siswi juga memberikan testimonynya terhadap kompetisi ini seperti yang disampaikan Dian Rahmadhani dari SMK PGRI Sukoharjo yang mengatakan bahwa kompetisi ini bermanfaat karena menambah banyak ilmu pengetahuan dan keterampilan baru yang sebelumnya tidak dimengerti terkait ilmu safety riding, selain itu mencoba promosi di medsos menjadi tantangan yang menyenangkan, juga kesan penjurian yang berlangsung dengan sengit namun seru. 

Selalu konsisten dalam edukasi safety riding, Astra Motor Jateng menjadi satu - satunya Main Dealer sepeda motor Honda pertama di Indonesia yang mengadakan kompetisi virtual safety riding antar SMA/SMK Se-Jawa Tengah dan ini menjadi kebanggaan tersendiri karena bisa secara aktif ikut berkontribusi mencegah terjadinya kecelakaan. 

“Walaupun ini kompetisi, namun sesungguhnya kami sangat bangga kepada setiap peserta yang berhasil menuangkan inovasi safety ridingnya dalam bentuk video serta mempublishnya secara online untuk mengedukasi masyarakat. Harapan kami, mindset generasi #Cari_Aman dapat tertanam di masyarakat melalui siswa siswi SMK yang menjadi contoh keselamatan berkendara,” tutup Suko Edi. 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK